Suryalaya, Prodi Hukum Ekonomi Syariah.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Tasikmalaya selenggarakan Webiner KPU Goes to Campus kerja sama dengan IAILM Tasikmalaya (03/12/2020). Untuk tahun ini yang bersamaan dengan musim pandemic Covid-19, acara KPU Goes to Campus dilangsungkan secara virtual melalui platform Zoom Meeting dengan mengusung tema Gerakan Anti-Golput Mahasiswa dan Pemilihan Serentak Partisipatif di Era Pandemi Covid-19 Tahun 2020.

Acara yang dipandu Oyib Sulaeman, S.Ag., M.SI (Dosen IAILM Tasikmalaya) menyuguhkan beberapa rangkaian agenda, diantaranya pembukaan, menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya, pendengaran lagu Pilkada, sambutan Rektor IAILM Tasikmalaya, pengantar diskusi dari Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, penyampaian materi, diskusi, dan penutup.

Dalam prolognya, Ketua KPU Kabupaten Jawa Barat, Zamzam Zamaludin menyebutkan bahwa KPU Goes to Campus merupakan program sosialisasi menjelang kegiatan pemilukada yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi calon pemilih di kalangan mahasiswa (pemilih pemula) pada tahun 2020. Terlebih pemilukada di masa pandemi ini tentunya sangat berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya, sehingga upaya sosialisasi harus dilakukan seoptimalkan mungkin.

Di lain pihak, pemaparan materi disampaikan oleh dua narasumber, Isti’anah, S.Th.I, M.Ag (Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya), selaku pemateri pertama yang mengangkat tema tentang Pilkada di tengah Pandemi Covid -19. Kemudian pemaparan materi kedua oleh Dr. H. Asep Salahudin, M.Ag (Wakil Rektor I IAILM Tasikmalaya) membedah topik seputar gerakan anti golput dan partisipasi mahasiswa pada pemilihan tahun 2020. Setelah penyampaian materi oleh kedua narasumber selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan pengumuman pembagian hadian berupa voucher pulsa bagi beberapa partisipan kategori terbaik, serta diakhiri acara doa sebagai penutup.

       

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.