HES-Suryalaya, Rabu (16/12/2020); untuk yang pertama kalinya, salah satu prodi di lingkungan IAILM Tasikmalaya menjadi peserta yang dinyatakan lolos dalam asesmen kecukupan dan kemudian dilanjutkan dengan asesmen lapangan oleh BAN-PT. Prodi yang dimaksud adalah Ekonomi Syariah Fakultas Syariah yang berdasarkan surat pemberitahuan BAN PT No. 2112 / BAN-PT / SPT-AK / P / 2020 akan dilakukan asesmen lapangan (AL) selama dua hari, tanggal 16-17 Desember 2020. Tentunya hal yang berbeda dengan kegiatan visitasi sebelumnya, teknis dan mekanisme asesmen lapangan oleh asessor BAN PT dilakukan secara daring dengan platform Zoom Meeting sehingga regulasi penyediaan data-data terkait pendukung Borang harus dipastikan validitaskan oleh pimpinan unit pengelola program studi baik dalam bentuk softfile maupun maupun hardfile.

Dalam cara pembukaan asesmen lapangan, hadir pula para pimpinan institut, mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Biro, Ketua LPM, Ketua LPPM, Dekan, Wakil Dekan, Kapus Perpustakaan, Kapus IT, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, dan beberapa dosen sebagai tamu undangan. Untuk penilaian secara daring diagendakan selama dua hari, ditunjuk selaku tim asesor, Hikmah Endraswati, SE., M.Si., Dr. , Dr. SE., M.Si. (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga) dan Ruslan Abdul Ghofur, Dr. S.Ag., M.Si. (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Mekanisme asesmen lapangan hari pertama diprioritaskan pada beberapa aspek, yakni penetapan data excel final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif, konfirmasi dan informasi borang IIIA dan IIIB, konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas prosesĀ  SPMI di UPPS yang meliputi seluruh siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, dan laporan berkala hasil SPMI di Unit Pengelola Program Studi. Sementara hari kedua dilakukan tindak lanjut yang meliputi wawancara, penyampaian berita acara ke pimpinan UPPS dan pengecekkan berita acara asesmen lapangan oleh pimpinan fakultas.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.