Suryalaya, Prodi Hukum Ekonomi Syariah.- Lembaga pengelola jurnal online di lingkungan IAILM Tasikmalaya mengikuti rapat virtual yang diselenggarakan oleh Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah ll Jawa Barat tentang pengelolaan Jurnal PTKIS Wilayah II Jabar, Selasa (29/12/2020).  Rapat via zoom perdana tersebut, dipandu langsung oleh Unang Wahidin, ketua STAI Al-Hidayah. Dengan menghadirkan beberapa narasumber dari Kopertais II Wilayah Jabar, yakni Dr. H. Ramdani Sururie, M.Ag, M.Si dan Dr. Cecep, Kedua narasumber tersebut memiliki pengalaman dan kompetensi dalam bidang pengelolaan jurnal online baik dari aspek manajemen maupun substansi.

Terdapat beberapa point dasar dalam pemaparan materi, diantaranya pengaklasifikasian OJS PTKIS II Jabar dibagi menjadi 3, yaitu perguruan tinggi yang belum memiliki atau membangun OJS sama sekali, perguruan tinggi yang sudah memiliki OJS namun sistem manajemen pengelolaannya masih belum optimal, dan perguruan tinggi yang sudah memiliki OJS serta sudah layak untuk melakukan submit akreditasi. Selain itu, dipaparkan pula terkait dengan penyediaan aplikasi similaritas bagi pengelola jurnal, otimalisasi indeksasi dan data based, pengembangan OJS dengan membuka jurnal scope pengabdian, dukungan optimal dari pihak perguruan tinggi terhadap pengelola jurnal, dan analisa kondisi real lapangan jurnal-jurnal di lingkungan PTKIS II Jawa Barat.

Setelah penyampaian materi oleh kedua narasumber selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan penyampaian aspirasi dari para pengelola jurnal untuk kemudian dijadikan bahan referensi awal tindak lanjut penyusunan topik pada rapat berikutnya.

   

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.