Prodi Hukum Ekonomi Syariah,- IAILM Suryalaya Tasikmalaya menerima kunjungan monitoring dari Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T., Selasa, 09 Maret 2021. Selain untuk memenuhi undangan dari pimpinan IAILM Suryalaya Tasikmalaya, Beliau juga memberikan materi pada acara seminar nasional tentang Penguatan Sistem Perguruan Tinggi Islam dalam Menyongsong Era Society 5.0. Dihadiri oleh pimpinan Institut dan fakultas/dekanat, mulai dari rektor, wakil rektor, manajemen dekanat, Biro, LPPM, LPM, para pimpinan lembaga internal kampus, dosen, mahasiswa, dan karyawan.

Dalam pemaparan materinya, Muhammad Ali Ramdhani menegaskan bahwa indikator perguruan tinggi yang baik ditengarai dari tiga aspek integrasi, yaitu:

pertama, kemampuan kampus dalam membaca masa depan dengan mencetak lulusan (alumni) yang memiliki integritas tinggi sekaligus dapat melakukan adaptasi dengan kemajuan informasi dan teknologi.

Kedua, kecakapan integritas yang baik tentunya harus pula dilandasi dengan nilai-nilai humanisme yang mampu mewariskan perilaku toleran, sikap saling menghargai, ramah tamah, dan moderat dalam kehidupan sosial kebangsaan.

Dan ketiga, integritas dan hunanisme harus pula diperkuat dengan balutan spiritual yang terbentuk dari ajaran islam, iman, dan ihsan.  Dari ketiga komponen tersebut kemudian dibuktikan dalam kehidupan nyata dengan senantiasa menjaga, memelihara nilai-nilai keseimbangan antara dunia dan akhirat. Intinya, upaya transformasi yang dilakukan oleh sebuah lembaga perguran tinggi tanpa harus menanggalkan nilai-nilai kebaikan sebagai pusat dari ajaran Islam.

Selain Dirjen Pendis tampil juga sebagai narasumber wakil rektor bidang akademik, Dr. M. Kodir, M.Si. dan wakil rektor bidang kemahasiswaan, Dr. H. Suhrowardi, M.Ag. Keduanya menyoroti pentingnya sivitas akademika IAILM meningkatkan ilmu dan amal sesuai motto IAILM, Ilmu Amaliah Amal Ilmiah, guna menyongsong era society 5.0. Para dosen juga harus terus berusaha meningkatkan kompetensi baik kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.